Startup asal India CarBay Ramaikan Marketplace Jual Beli Mobil di Indonesia

Belum adanya regulasi yang ketat terhadap kepemilikan mobil, rendahnya suku bunga, dan meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia merupakan faktor yang menyebabkan tingginya minat terhadap jual beli mobil di tanah air. Hal inilah yang menarik perhatianstartup asal India, Girnar Softwaremeluncurkan marketplace jual beli mobil di Indonesia dengan nama CarBay.
Sebelumnya, Girnar Software juga telah meluncurkan produk yang sama di India dengan nama CarDekho pada tahun 2011. Situs tersebut telah berhasil memenangkan banyak penghargaan, termasuk salah satunya “Website of the Year” tiga kali berturut-turut selama 4 tahun berdiri.
Situs CarBay sendiri resmi diluncurkan pada 22 Juni 2015 kemarin. Mohit Yadav selaku CEO dari CarBay mengatakan, “Visi kami adalah untuk membuat proses jual beli mobil menjadi jauh lebih mudah dan sederhana, serta memberikan kontrol kepada pengguna terkait proses tersebut. Kami telah meluncurkan produk serupa di India yang akan sangat bermanfaat di Indonesia karena memiliki kondisi pasar yang mirip. Kami juga telah mengembangkan alat CRM bagi para dealer yang akan membantu mereka memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen.[…]”
Girnar Software sendiri telah memperoleh putaran pendanaan seri B sebesar $50 juta (sekitar Rp663 miliar) pada bulan Januari lalu dari sejumlah investor seperti Hillhouse Capital asal Hong kong, Tybourne Capital, dan Sequoia Capital. Dengan pendanaan ini, tak mengherankan apabila perusahaan ini memutuskan untuk melakukan ekspansi ke Indonesia.
Carbay Detail 700x400
Situs ini menyediakan dua pilihan bahasa, yaitu Inggris dan Bahasa Indonesia. Melalui CarBay, pengguna bisa mencari mobil berdasarkan anggaran atau merek mobil yang diinginkan. Kemudian CarBay akan menampilkan daftar mobil, lengkap dengan informasi indikasi harga, dealer, foto, dan video. Informasi yang lebih detail seperti performa, kapasitas, kenyamanan, dan keamanan juga akan ditampilkan apabila pengguna memilih salah satu mobil dari daftar tersebut.
Sejumlah situs penyedia jual beli kendaraan seperti Carmudi dan Mobil123 tentunya akan mendapat kompetitor yang serius dengan hadirnya CarBay di tanah air. Bagaimanapun, pengguna tentunya akan memiliki lebih banyak pilihan untuk menjual dan membeli mobil.
Sumber: Antara
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
Previous
Next Post »