Daftar Rekomendasi Channel YouTube Islami di Bulan Ramadan

Perkembangan teknologi mempermudah berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya untuk mendapatkan siraman rohani. Bulan Ramadan identik dengan momentum untuk lebih banyak mempelajari agama Islam, dan kini Anda bisa menikmati siaran tausiah dan kajian agama tanpa terbatas ruang dan waktu melalui perangkat mobile seperti smartphonedan tablet. Kali ini saya merangkum daftar channel YouTube berisi kajian islami yang bisa menjadi medium pembantu pembelajaran agama Islam Anda khususnya di bulan Ramadan.
Meskipun bertujuan untuk menyiarkan agama, tak jarang channel berikut menyajikan hiburan film pendek yang penuh makna namun tetap menghibur di kala waktu Anda berpuasa. Berikut ulasan channel YouTube untuk kajian islami.

1. Yufid TV

Channel Yufid TV merupakan bagian dari Yufid Network yang telah beroperasi sejak 2010. Sedangkan Yufid TV mulai aktif di YouTube sejak pertengahan 2014. Sejauh ini sudah terdapat lebih dari 1.000 video yang ada di dalam channel Yufid TV.
Kategori yang terdapat di dalamnya pun beragam, mulai dari Tanya Jawab dengan Ustadz, Panduan Ibadah dalam film pendek yang menarik, dan lainnya. Setiap harinya channel ini mengunggah sekitar lima hingga delapan video untuk berbagai kategori. Khusus Ramadan kali ini, channel ini menyajikan video kajian ayat Al-Quran.
Selain di YouTube, Yufid TV juga telah tersedia melalui aplikasi untuk perangkat Androiddan iOS.

2. Ruziqa TV

Channel Ruziqa TV berasal dari Balikpapan. Tim di belakangnya mendokumentasikan berbagai kajian Islam di masjid-masjid di sekitar Balikpapan. Meski berada di daerah luar Jakarta, channel ini menyajikan lebih dari lima video per harinya. Secara keseluruhan, sudah terdapat lebih dari 300 video di dalamnya.
Kategori video di dalamnya mayoritas adalah ceramah dari ustadz setempat. Berdasarkan laman situs Ruziqa TV, selain Balikpapan, rencananya channel ini akan menayangkan dokumentasi kajian agama Islam dari berbagai daerah di seluruh Kalimantan Timur dalam waktu dekat.

3. Rodja TV

Rodja TV merupakan bagian dari Rodja Radio yang terkenal menyiarkan ke seluruh Jabodetabek sejak 2008. Di channel Rodja TV sudah terdapat sekitar 300 video dengan kategori Dzikir dan Doa, Peduli Kemanusiaan, dan Ceramah dari banyak ustaz.
Untuk Ramadan 2015, Rodja TV menggelar Program Ramadhan 1436 H yang berisikan konten video pendek yang sarat dengan pesan kemanusiaan dan bernuansa islami.

4. Diaries Vision

Islam Diaries menjadi lembaga kajian ilmu Islam sejak Januari 2011. Sedangkan channelDiariesVision baru dikukuhkan sejak 2014. Kategori konten video di DiariesVision lebih banyak mengarah pada isu remaja yang kekinian dan mengikuti perkembangan zaman.
Selain itu, channel ini juga memberikan kategori khusus anak melalui DiariesKidz sejak awal 2015 lalu. Sudah terdapat sekitar 100 video di channel ini, dan setiap harinya terdapat sekitar dua hingga tiga video yang diunggah.

5. Want Production TV

Bila channel sejenis lebih banyak berisi video kajian ceramah dari para ustaz, di channelWant Production TV komposisi film pendek sarat makna disamakan dengan konten ceramah dari para ustaz. Dengan total sekitar 100 video, film pendek berjumlah sekitar 40 dengan berbagai judul yang menginspirasi.
Kategori lain yang menarik adalah berbagai video bertema kegiatan sehari-hari. Untuk situsmereka sendiri, lebih banyak memberikan tips seputar bidang dokumentasi untuk berbagaievent.

6. Yusuf Mansur Channel

Ustaz yang terkenal dengan logat Betawi ini memiliki misi Nyantren di YouTube melaluichannel Yusuf Mansur Channel. Setiap harinya ada unggahan video tiap ayat Al-Quran berikut penjelasan di baliknya, yang masuk ke dalam kategori video One Day One Ayat Al-Quran.
Selain itu, terdapat kategori video lainnya, seperti Bisnis Syariah, Doa, Risalah Hati, Sedekah, dan Rezeki. Channel yang sudah ada sejak tahun 2012 lalu ini sudah memiliki sekitar 100 video di dalamnya.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
sumber : www.techinasia.com
Previous
Next Post »