Dagelan berbagi rahasia sukses di media sosial

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang sangat gemar menggunakan media sosial. Di akhir tahun 2014 kemarin, jumlah pengguna layanan media sosial Facebook di Indonesia mencapai lebih dari angka 70 juta dan Twitter mencapai lebih dari 20 juta pengguna. Melihat tren ini, tentunya akan sangat penting bagi Anda untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sebuah sarana marketing atau brand awareness untuk startup yang Anda miliki.
Untuk berbagi wawasan tentang bagaimana startup Anda bisa memaksimalkan layanan media sosial ini, Danny Syah, Chief Marketing INFIA dan Dagelan menjelaskan beberapa tips agar startup yang Anda miliki bisa mempunyai sebuah akun media sosial yang aktif dan tentunya akan membuat traksi startup yang Anda miliki semakin bagus. Dagelan sendiri merupakan sebuah akun Instagram yang populer di tanah air. Dengan jumlah followermencapai angka 2,8 juta, Dagelan mengukuhkan diri sebagai salah satu akun Instagram yang paling banyak di-follow di Indonesia.

Tips sukses di media sosial untuk memperbanyak jumlah follower

Follower yang banyak sering diasosiasikan dengan kesuksesan sebuah akun media sosial. Hal ini memang tidak sepenuhnya benar karena ada kemungkinan beberapa followermerupakan akun fiktif. Namun, angka tersebut bisa menjadi acuan awal sebelum akhirnya orang melihat apa yang ditawarkan oleh akun media sosial yang Anda miliki. Untuk memperbanyak jumlah follower, Danny menjelaskan beberapa tips seperti:

Gunakan pemberitaan dari mulut ke mulut

Untuk memiliki follower banyak, hal yang paling efektif adalah ketika banyak orang yang membicarakan kehadiran akun Anda (word of mouth), cara sederhananya adalah dengan melakukan share konten atau info di jaringan terdekat yang Anda miliki terlebih dahulu. Jika konten menarik, tak menutup kemungkinan konten tersebut akan di-share ulang di jaringan masing-masing teman Anda.

Penentuan konten

Konten adalah jantung dari media sosial. Dengan konten yang tepat, maka peluang mendapatkan follower yang banyak akan semakin tinggi. Sebelum membuat sebuah konten, Danny menyarankan Anda menentukan tujuan si konten itu sendiri:
1. Shareable Content
Jenis konten ini memancing pembaca untuk melakukan share pada jaringan yang mereka miliki. Konten ini pula yang akan mempercepat pertumbuhan akun media sosial yang Anda miliki.
2. Tag Your Friend Content
Tag Your Friend Content adalah konten yang memancing orang lain untuk tag atau mentiontemannya tentang isi konten tersebut. Hal ini akan efektif jika orang yang di-tag atau di-mention adalah orang yang belum tahu keberadaan akun media sosial Anda. Dengan demikian, ketika mendapatkan tag atau mention tersebut, besar kemungkinan sang pengguna akan mem-follow akun Anda.
3. Daily Content
Penentuan konten harian juga harus diperhatikan, sebisa mungkin jangan selalu menampilkan post tentang satu tema. Sebagai contoh kasus, Danny menyebutkan bahwa Dagelan sebagian besar menampilkan post konten-konten lucu. Tapi untuk menyiasati kebosanan, Dagelan menyisipkan konten-konten lain seperti tips, berita, kuliner, dan lain-lain.

Aspek pendukung lainnya

Selain faktor konten dan brand awareness, Danny juga menegaskan pentingnya faktor pendukung lain yang sifatnya tidak menentu, dan faktor-faktor kecil yang mungkin Anda lewatkan karena merasa tidak penting.
1. Momentum
Ketika ada muncul tren baru, seperti tren Bekasi dan Ada Apa Dengan Cinta beberapa waktu lalu, ikuti momentum tersebut dengan menampilkan konten yang relevan.
2. Jumlah post
Tentukan jumlah minimal post anda per hari, misalnya 20 post per hari. Menurut Danny, ketika Dagelan melakukan uji coba, jumlah post juga menentukan pertumbuhan followerper harinya.
3. Konsistensi
Ketika Anda sudah menentukan jumlah minimal post per harinya, Anda harus konsisten terhadap angka tersebut karena akan muncul ekspektasi dari para follower untuk mendapatkan konten baru.
4. Interaksi
Interaksi dengan follower juga penting untuk meraih engagement. Anda bisa memakai cara seperti mengajak orang-orang untuk mengikuti tantangan dari Anda atau lain sebagainya. Di Dagelan & Infia sendiri, mereka berusaha melakukan komunikasi tiga arah: bagaimana perusahaan bisa berkomunikasi dengan followerfollower dengan perusahaan, dan bagaimana caranya follower bisa berinteraksi dengan follower yang lain.
Anda harus meluangkan waktu untuk membalas komentar dari follower, karena followerakan merasa bangga dan lebih bersimpati jika komentarnya dibalas oleh suatu akun perusahaan. Hal ini juga menciptakan efek “memanusiakan” akun media sosial Anda.
5. Kreativitas
Terus mengeluarkan konten atau terobosan baru yang kreatif sehingga follower tidak akan bosan berkomunikasi dengan akun Anda di sosial media.

Baik itu sebuah startup yang ingin memiliki akun media sosial dengan tingkat user engagement tinggi, ataupun individu yang ingin mempunyai akun media sosial terkenal dan ingin diikuti oleh banyak follower, tips ini akan sangat berguna bagi Anda. Atau mungkin Anda mempunyai saran tambahan? Sampaikan pada kolom komentar di bagian bawah.
(Diedit oleh Lina Noviandari)
Previous
Next Post »