9 Skill Teknis Yang Harus Dimiliki Oleh Semua Non-Technical Founder

Begitu banyak orang yang ingin membangun startup untuk memberikan solusi pada suatu masalah, tetapi sebagian dari mereka tidak memiliki cukup skill coding untuk merealisasikannya. Mungkin beberapa tips untuk non-technical founder berikut dapat membantu anda untuk menemukan jalan keluarnya. Enjoy.

1. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang teknis
Seorang non-technical founder tidak perlu bisa coding, membacanya, atau bahkan mengerti solusi dari masalah teknis, tetapi seorang non-techinical founder harus mengerti dasar teknis dari bisnis mereka dan ia juga harus dapat berkomunikasi dengan jelas dengan development team tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Ini akan membuat orang-orang teknis dan non-teknis menjadi lebih nyaman bekerja dan saling menghormati satu sama lain.
               -  Tim Jahn, Co-founder, matchist
2. Kemampuan untuk menganalisis
Background saya adalah finance, dan saya biasanya melakukan banyak financial modeling ketika bekerja di hedge fund. Ketika kami menciptakan produk untuk perusahaan kami, saya memperhitungkan segala sesuatu yang dianggap sebagai biaya bagi perusahaan kami, dari barang-barang fisik yang kami perlu beli untuk setiap client sampai jumlah jam kerja yang kami habiskan dengan client. Ini membuat kami tahu margin operasi dari bisnis kami dalam harga retail yang kami iklankan. Ini juga membuat anda dapat melihat dengan jelas bagaimana anda dapat memotong cost dengan menentukan apakah jam kerja bisa selesai lebih cepat dengan teknologi baru, staf yang lebih baik atau dengan mengeliminasi langkah-langkah yang tidak perlu dilakukan dalam proses. Ini juga membuat anda tahu break even point di dalam bisnis anda jika anda menyadari bahwa profit tidak mungkin diperoleh dalam jangka waktu yang lama.
               - Derek Capo, CEO and Founder, Next Step China
3. Kemampuan untuk mempersiapkan sistim analisis
Sebagai seorang non-technical founder, penting untuk mengerti data dibalik bisnis anda. Anda akan ingin untuk menganalisis statistic di traffic dan metrics disekitar customer anda. Serahkan pengembangan produk inti ke tim teknis anda, dan bantu mereka dengan integrasi teknis yang relatif simple dan buatlah analisis produk. Dengan cara ini, anda akan mengerti tentang persiapan, tahu persis apa yang data gambarkan dan dapat mengubah beberapa hal segera setelah anda memiliki goal baru yang ingin dicapai.
                – Michael Mayernick, Co-Founder, Spinnakr
4. Kemampuan untuk memecahkan kode
Walaupun anda memiliki kemampuan teknis yang terbatas, setidaknya anda belajar dasar dari HTML. Saya telah menemukan manfaat dari mempelajari HTML karena saya dapat menghemat banyak biaya di programming hanya dengan mengedit hal-hal sederhana seperti links dan images.
                -  Laura Land, CFO / COO, Accessory Export, LLC
5. Pemahaman tentang SEO
Hampir setiap founder di perusahaan manapun mengerti tentang SEO. Dengan dapat mengatur hal-hal sederhana seperti meta tags dan memanfaatkan keyword yang penting dapat membantu anda untuk dikenali search engine. Tidak ada perusahaan yang tidak menggunakan interaksi online, jadi memiliki pemahaman yang baik tentang SEO itu penting. Jumlah biaya SEO professional itu besar dan terkadang tidak diperlukan. Akan tetapi, SEO itu sangat diperlukan pada setiap bisnis.
                -  Bryan Silverman, Co-Founder, Star Toilet Paper
6. Kemauan untuk terus belajar
Walaupun anda bukan developer, anda harus mengerti siklus software development dan ritme yang tim development ikuti. Jika anda pernah meminta bahwa sesuatu harus didevelop dan diluncurkan dalam 1 atau 2 hari dan anda mengatakan atau berpikir kata-kata ini, “itu sangat sederhana! paling membutuhkan waktu 5 menit untuk membuatnya”, ini berarti anda tidak mengerti.
                -  Danny Boice, Co-Founder & CTO, Speek
7. Kemampuan untuk menciptakan automation system
Aset teknis yang paling hebat yang bisa anda miliki adalah memahami bagaimana menciptakan system di dalam bisnis anda dan membuatnya bekerja secara otomatis. Dengan menciptakan sebuah flow chart dan sebuah proses untuk automating marketing anda, anda dapat meningkatkan tingkat conversion dengan sangat besar. Seharusnya anda juga dapat berbicara kepada developer dan menyediakan mereka sebuah framework tentang hal-hal yang ingin anda selesaikan.  Buatlah daftar apa yang anda inginkan, ini akan menyelamatkan anda dari hal-hal yang tidak diinginkan dan menyelamatkan developer anda dari kegilaan.
                -  Chris Brisson, CEO, Automize
8. Pemahaman tentang spreadsheet/lembar kerja
Anda perlu mengetahui bagaimana menganalisis data tentang bisnis anda, dan tool terbaik di market untuk membantu anda melakukannya adalah excel. Siapkan formula dan grafik untuk menafsirkan angka-angka yang relevan pada bisnis anda.
                -  Eric Bahn, Co-Founder, Hustle Con Media
9. Pemahaman tentang HTML
Salah satu skill teknis yang paling berharga untuk founder, walaupun mereka tidak cukup cerdas secara teknis adalah HTML.  Walaupun anda tidak menjalankan sebuah website, skill dasar HTML sangat berarti karena anda dapat melakukan beberapa hal secara online, seperti menambahkan link ke forum posts, format teks untuk penekanan dan bahkan membuat bulleted lists. Jika perusahaan anda menjalankan sebuah website, memahami sedikit tentang coding dibaliknya adalah nilai plus bagi seorang founder.
                -  Jay Wu, Creator, A Forever Recovery
sumber : www.tech.co
Previous
Next Post »