Bantu Lalu Lintas Jalur Mudik, Google Maps Tambah Fitur Real Traffic di Indonesia

Hari Raya Idul Fitri memang menjadi momen penting bagi sebagian besar warga Indonesia, khususnya umat Muslim. Bagaimana tidak, para penghuni ibukota biasanya akan kembali ke kampung halamannya menjelang hari tersebut. Untuk menyambut momen yang akan berlangsung dalam kurang lebih dua minggu mendatang, raksasa teknologi Google ikut menyediakan layanan yang mempermudah perjalanan mudik Anda.
Melalui aplikasi Maps, Google menambah fitur Traffic yang sudah aktif diperkenalkan hari ini (1/7). Pengguna bisa mengakses informasi kemacetan secara real time di 19 kota, yakni Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, dan Jambi. Dengan tambahan ini, informasi kemacetan secara real​ time yang bisa diakses di Google Maps di ponsel dan desktop resmi menjadi 23 kota di seluruh Indonesia.

Usaha Google mengurai kemacetan jalur mudik

google maps jalur mudik 2015
Melalui press release yang Tech in Asia terima, Suren Ruhela selaku Director, Program Management Google menyatakan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempercepat waktu untuk sampai di daerah tujuan masing-masing selama mudik berlangsung.
Setelah pengguna mengaktifkan layer Traffic​ di Google Maps, Anda akan mulai melihat rute yang bisa dipilih dan tanda warna yang berbeda, hal ini menjadi penanda pembeda kecepatan yang disebabkan oleh kemacetan. Hijau berarti lancar, oranye menandakan kemacetan ringan, dan merah berarti kemacetan yang lebih padat.
Selain dari informasi kemacetan, Google Maps juga akan memberikan informasi real​ timeterhadap kecelakaan, perbaikan jalan, dan penutupan jalan. Jika ada insiden yang terjadi ketika Anda berada di jalan, Google Maps akan menggunakan informasi tersebut untuk memberikan rute alternatif, termasuk penjelasan mengapa rute tersebut disarankan.
Fitur real time akses kemacetan di 19 kota menjadi inisiatif Google di Indonesia. Tahun lalu Google memperkenalkan fitur gambar Street View untuk Jakarta, Bogor, Denpasar, Surabaya, dan Taman Nasional Komodo. Fitur terbaru ini dapat diakses melalui berbagaigadget dan desktop.
Layanan terbaru yang ditawarkan Google Maps tersebut layaknya fungsi pada aplikasiWaze. Akses peta yang ditawarkan disertai dengan informasi kemacetan. Sayangnya di tahun lalu Waze belum menyajikan informasi lengkap rute tercepat yang komprehensif.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Ziliun)

sumber : www.techinasia.com
Previous
Next Post »