3 website booking tiket travel online di Indonesia

Industri startup layanan transportasi di Indonesia semakin bertumbuh. Sudah banyak bermunculan berbagai produk yang bersinggungan dengan transportasi, seperti websitebooking tiket pesawat, website booking tiket bis, aplikasi booking taksi, hingga aplikasibooking ojek. Kali ini, Tech in Asia akan merangkum beberapa website penyedia layanan reservasi tiket travel di Indonesia. Berikut ulasannya:

1. TravelCar

travelcar
TravelCar merupakan startup asal Malang yang awalnya menyediakan layanan bookinguntuk sewa mobil dan travel. Namun, jika dilihat dari website-nya, sepertinya TravelCar kini hanya menyediakan layanan booking tiket travel saja. Menurut website-nya, TravelCar kini melayani 25 kota di Indonesia termasuk Jakarta dan Bali, meskipun kebanyakan masih didominasi daerah di Jawa Timur.
Untuk memesan travel, pengguna hanya perlu melakukan pencarian dengan memasukkan kota asal, kota tujuan, dan tanggal keberangkatan. TravelCar kemudian akan menampilkan pilihan vendor travel, jadwal, harga dan lain sebagainya. Website ini menyediakan metode pembayaran seperti transfer bank, e-money, dan voucher.

2. Tiketux

tiketux
Saat ini, Tiketux baru bekerjasama dengan empat agen travel, yakni Bimo Trans, Cipaganti, Day Trans, dan Xtrans. Proses pencarian travel hampir sama dengan dua website lainnya dalam daftar ini. Namun, Tiketux menambahkan filter pencarian berdasarkan nama agen travel, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk memilih travel sesuai dengan agen yang mereka kehendaki.
Untuk saat ini, jangkauan kota Tiketux bisa dibilang yang paling luas. Selain tersebar di kota-kota di pulau Jawa, website ini juga melayani berbagai kota di Kalimantan. Tiketux juga menyediakan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari transfer bank, internet banking, e-money, dan kartu kredit.

3. Naik.Travel

naik.travel
Startup asal Jakarta ini merupakan peserta Indigo Incubator 2014 yang sedang menjalani proses inkubasi di Bandung Digital Valley. Naik.Travel baru menyediakan jangkauan kota yang terbatas, yakni untuk daerah Bandung, Sumedang, Purwakarta, dan Jakarta Selatan. Selain itu, pengguna baru bisa memesan untuk perjalanan sekali jalan, sedangkan fitur untuk perjalanan pulang-pergi tampak belum bisa digunakan untuk saat ini. Cara pemesanan di Naik.Travel hampir sama dengan TravelCar.
Untuk menarik pelanggan, Naik.Travel rencananya akan mengadakan kegiatan loyalty program dengan mengadakan event rutin berupa penawaran harga promo yang saling menguntungkan pihak mitra, Naik.travel, dan pengguna travel. Naik.Travel menyediakan metode pembayaran transfer bank, internet banking, dan kartu kredit.

Selain tiga website di atas, beberapa agen travel di Indonesia rupanya juga sudah menyediakan layanan booking di website mereka, seperti Day TransCiti Trans, dan Xtrans.
(Diedit oleh Ketut Krisna Wijaya)

sumber : www.techinasia.com
Previous
Next Post »