Kumpulan aplikasi chatting untuk mendapatkan teman baru dengan mudah

Dewasa ini, sudah banyak aplikasi chatting yang menawarkan kemudahan berkomunikasi bagi penggunanya. Namun bagi yang masih belum memiliki pasangan, aplikasi chatting yang memudahkan pengguna untuk menemukan teman atau bahkan pasangan hidup, mungkin akan lebih dipilih.
Tech in Asia merangkum beberapa aplikasi chatting terbaik untuk menemukan teman dengan mudah melalui fitur yang terdapat di dalamnya. Berikut kumpulan aplikasi untuk mendapatkan teman baru:

1. WeChat

WeChat
Sejak diluncurkan pada 2012, aplikasi asal China ini mengklaim memiliki kurang lebih 468 juta pengguna di seluruh dunia. Saya menduga aplikasi inilah yang memprakarsai fitur pencarian teman dengan Friend Radar dan kemudian ditiru oleh aplikasi chatting lainnya.
Google Play Store: WeChat, Gratis
iTunes App Store: WeChat, Gratis 
Blackberry App World: WeChat, Gratis
Windows Phone Store: WeChat, Gratis

2. Tinder

Tinder
Aplikasi ini diluncurkan pada September 2012 oleh Sean Rad. Seperti yang dilansir dariCNN, tingkat pengguna aplikasi ini merangkak naik 15 persen setiap minggu di awal peluncurannya. Tujuan Tinder adalah memudahkan para remaja untuk memilih teman berkencan sesuai selera. Anda hanya perlu menggeser layar ke kanan jika menemukan seseorang yang Anda sukai atau ke kiri jika tidak menyukai. Jika kebetulan orang yang Anda sukai juga menyukai Anda, Tinder akan mempertemukan Anda berdua melalui aplikasi.
Pengguna Tinder didominasi usia 18 hingga 30 tahun dan seperti yang dikutip dari Antara, Tinder telah berhasil menjodohkan lebih dari 10 juta pasangan. Saat ini aplikasi Tinder bisa di-download untuk perangkat iOS dan Android. Di Google Play Store, aplikasi ini sudah di-download oleh lebih dari 10 juta orang.
Google Play Store: Tinder, Gratis
iTunes App Store: Tinder, Gratis

3. BeeTalk

BeeTalk
Bisa dibilang, aplikasi ini mirip sekali dengan yang ditawarkan Tinder. Bedanya, pertemanan bisa langsung terjadi tanpa menunggu konfirmasi dari kedua belah pihak. Uniknya, perangkat Anda harus digoyangkan terlebih dahulu untuk mendapatkan teman baru di dalam BeeTalk. Di Indonesia sendiri aplikasi ini telah banyak membuat para anak muda penasaran karena iklan mereka menampilkan selebriti yang sedang naik daun, seperti Al Ghazali dan Aliando.
Google Play Store: BeeTalk, Gratis
iTunes App Store: BeeTalk, Gratis

4. Meow Chat

MeowChat
Aplikasi ini merupakan sebuah platform yang diciptakan untuk mencari teman baru dan – bila berjodoh – pasangan. Aplikasi garapan MINUS ini sanggup mempertemukan Anda dengan teman-teman baru dari belahan dunia. Anda juga dapat berbincang secara pribadi dengan orang yang sudah Anda kenal atau orang yang betul-betul asing.
Pertama membuka, Anda diwajibkan untuk masuk terlebih dahulu dengan akun Facebook. Selanjutnya, Anda harus menambah teman berdasarkan kontak di handphone dan Facebook.
Chatting merupakan fitur utama aplikasi ini. Yang menarik, ada dua macam chat di sini. Pertama, Anda dapat melakukan Private Chat dengan teman yang sudah Anda tambahkan. Jadi, Anda dapat saling berbincang layaknya menggunakan WhatsApp, Line, dan semacamnya. Kedua, Anda juga dapat chat dengan orang lain yang belum Anda tambahkan. Anda hanya perlu membuka opsi Random Chat dan Meow Chat akan secara acak mencarikan seorang teman chatting untuk Anda.
iTunes App Store: Meow Chat, Gratis
Google Play Store: Meow Chat, Gratis

5. Badoo

Badoo
Untuk mempermudah Anda mencari teman baru atau pasangan kencan, Badoo menyediakan fasilitas filter untuk menentukan kriteria yang Anda inginkan. Dimulai dengan menentukan tujuan Anda bergabung di Badoo, misal untuk sekadar chatting, sampai mencari teman kencan. Lalu Anda bisa memasukkan data jenis kelamin, rentang usia, dan lokasi dari calon pasangan yang ingin dicari. Tapi sebelum itu, pastikan Anda melengkapi profil dengan foto dan data pendukung.
Menariknya, Badoo melengkapi aplikasinya dengan fitur pencarian berdasarkan lokasi. Ada juga fasilitas chat, pengelompokan berdasarkan kesamaan data, dan fitur untuk bisa mengetahui siapa orang yang melihat profil Anda.
Google Play Store: Badoo, Gratis
iTunes App Store: Badoo, Gratis
Windows Phone Store: Badoo, Gratis
Blackberry App World: Badoo, Gratis

6. OkCupid

OKCupid
OkCupid mirip dengan Badoo, yakni sama-sama memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk berinteraksi secara langsung, tanpa harus sama-sama tertarik seperti halnya Tinder. Tapi jika dibandingkan dengan Badoo, OkCupid lebih detail, karena mengharuskan anggotanya untuk menjawab puluhan pertanyaan yang selanjutnya digunakan sebagai filter untuk mencari pasangan yang punya kecocokan paling tinggi.
Fasilitas tersebut mempermudah pengguna OkCupid untuk mencari pasangan yang sesuai dengan kriterianya. Tapi sayang, OkCupid membatasi akses menu Likes You yang hanya diperuntukkan bagi pengguna yang berlangganan layanan berbayar. Selebihnya, OkCupid menawarkan fasilitas yang mirip dengan Badoo.
Google Play Store: OkCupid, Gratis
iTunes App Store: OkCupid, Gratis

7. Skout

Skout
Aplikasi satu ini pernah menjadi booming karena kasus pemalsuan identitas yang dilakukan penggunanya di tahun 2012. Setelah kejadian tersebut, pihak Skout memperbarui sistem keamanannya guna menghindari kasus serupa terulang. Aplikasi Skout menawarkan beberapa fitur, seperti filter untuk menampilkan orang yang dicari, asal, atau bahkan umur dari orang-orang yang nantinya dapat diajak untuk chatting atau berbagi hadiah. Skout juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil mereka.
Google Play Store: Skout, Gratis 
iTunes App Store: Skout, Gratis

8. Wavoo

Wavoo
Aplikasi lokal buatan Yudhi Mandey dan Gema Megantara ini diluncurkan pada 31 Oktober 2014. Wavoo sekilas mirip dengan Tinder. Salah satu yang paling membuatnya mirip adalah cara Anda memutuskan suka atau tidak dengan swipe ke kiri bila tidak tidak suka dan swipeke kanan bila suka. Bila cocok, maka Anda dapat melanjutkan obrolan dengan fitur chattingdi dalamnya. Namun ada dua fitur tambahan yang cukup membedakannya dengan Tinder, yaitu Wink dan Nearby. Bila Anda memilih atau menolak seseorang secara anonim denganswipe, fitur Wink memungkinkan untuk menunjukkan siapa Anda sebenarnya dengan berkirim Wink. Ada juga fitur Nearby yang memanfaatkan augmented reality untuk melihat pengguna Wavoo lainnya dalam radius 100 km dari tempat Anda sekarang.
Google Play Store: Wavoo, Gratis 
iTunes App Store: Wavoo, Gratis

9. Paktor

Paktor
Paktor adalah aplikasi pencarian teman kencan yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada Februari 2015 lalu. Fitur yang ditawarkan hampir serupa dengan aplikasi seperti Tinder maupun BeeTalk. Namun bedanya, Paktor menawarkan lebih banyak filter pencarian. Mulai dari data jenis kelamin pasangan yang akan dicari, rentang umur, sampai tinggi badan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan filter siapa saja yang bisa diajak berkenalan berdasarkan jenis pekerjaan maupun latar belakang pendidikan. Paktor juga menyediakan menu Translate pada saat Anda melakukan chat. Keamanannya juga relatif lebih baik karena meski pengguna melakukan registrasi menggunakan Facebook, mereka harus memiliki minimal 50 orang teman di media sosial tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur Block untuk memblokir teman baru yang tidak Anda sukai.
Google Play Store: Paktor, Gratis 
iTunes App Store: Paktor, Gratis

Aplikasi chatting nampaknya masih menjadi favorit bagi sebagian orang untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Adakah aplikasi dari daftar di atas yang menjadi favorit Anda? Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar!
(Diperbarui oleh Pradipta Nugrahanto dan diedit oleh Lina Noviandari)

sumber : www.techinasia.com
Previous
Next Post »